Tuesday, January 17, 2017

TTM|Tips Trik Memasak

TTM|Tips Trik Memasak


Resep Bronies Kukus serba 3sdm by Wina Agustin

Posted: 16 Jan 2017 10:11 AM PST



by Wina Agustin

Hari minggu cuaca hujan gini bikin mager di rumah.....suami pengen di buatin bronies keingetan punya resep dari mba Nadya islami yg super duper gampang ga pake ribet ga makan waktu lama tapi hasilnya bikin hati bahagia hhehe soalnya resepnya gampang di hafalin serba 3sdm tapi karena saya bikinnya pake loyang jadi di kalikan lebih bnyak...cusss kita buat πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

Bahan-bahan
3 sdm tepung terigu
3 sdm coklat bubuk
3 sdm minyak sayur
3 sdm gula pasir
1 saset skm coklat
1/2 sdt baking soda
1/2 sdt garam
1/2 sdt vanilli
1 butir telur utuh


Langkah

Campur bahan kering tepung..coklat bbuk...baking soda..vanilli...garam aduk sisihkan



Kocok telur bersama gula pasir sampai berbuih



Tuang ke dalam adonan kering aduk sampai merata kemudian tambahkan minyak dan skm aduk kembali



Olesi loyang dengan margarin sebelum di kukus....karena saya pakai loyang jadi adonan di kali dua aja...jika mau tambah bnyak tinggal di kali lagi saja yaa...



Masukan ke dalam dandang yang sudah di panaskan sebelumnya alasi tutupnya dengan kain bersih
Kukus kurleb 25 menit tusuk dengan lidi untuk memastikan bronies sudah matang

Angkat dan sajikan boleh di beri toping sesuai selera



Taraaa.....bronies kukus keju langsung di serbuuu πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚




Resep Egg tart /pai susu by Zainur Sibarani

Posted: 16 Jan 2017 10:04 AM PST



by Zainur Sibarani

Doyan bgt sm kue satu nh... Dr Wangi bluebandnya yg menggoda n susunya yg milky abis... Oya sbnernya saya buat nh dh 4x gagal ampun dh smpe nyerah emmm akhirnya dcba lg browsing dr sana sini dan pd akhirnya sya memberanikan diri lg bismillah dh cb lg alhamdulillah berhasil berhasil Horee...

Bahan-bahan
150 gr tepung terigu
2 sdm maizena
1 buah kuning telur
80 gr margarin blueband
bahan custard :100 ml susu kental manis /bubuk cairkan
gula pasir secukupnya tes kmanisan


Langkah
Campur bahan jd satu aduk aduk pke jari smpe jd berbulir2...
Lalu cetak pke cetakan pai yg sdh dolesin margarin tipis2 aja lalu tusuk dasarnya pke garpu sisihkan masukan kdlm kulkas kurleb 1 jam
Bahan custard: campur susu kental manis tmbh air dikit pokonya smpe 130 ml campur telur 1 utuh 1 lg kuning nya aja jg 2 telur 1 utuh 1 tidak biar ga enek, kocok rata campur kdlm cmpuran susu td tambahkan vanili saring sisihkan masukan kdlm kulkas 30 menitan
Keluarkan dr kulkas tuang bahan custardnya kdlm kulit painya panggang 40 menitan oy panaskan ovenya dlu lg kecilkan api.Sedang lalu masukan painya...



Donat kampoeng Ekonomis (Metode Water Roux) by Maccby

Posted: 16 Jan 2017 02:43 AM PST



by  Maccby

Wah sudah kampung masih ekonomis aja ya .. 😧
Eitss .. jgn salah ya meski donat kampung tapi rasa nya boleh lah diaduπŸ˜‚πŸ˜‚
Soalnya kebanyakan org cinta sama donat kampung dri pda donat merk banyak topping nya itu. Soalnya emang mengingatkan sama rasa donat" jaman dlu yg khas menurutku πŸ˜‰πŸ˜‰

Bahan-bahan
Bahan A :
2 sdm Tp Terigu segitiga
120 ml air (Masak kedua bahan ini hingga mengental, lalu sisihkan biarkan dingin)
Bahan B :
300 gr Tp. Terigu cakra
3 sdm Gula Pasir
1 sdm Ragi kering
2 butir telur (yg kecil)
3 sdm Mentega/margarin
2 sdm air

Langkah
Campur semua bahan A dan B kecuali mentega dan garam, Uleni hingga setengah kalis, lalu masukan Mentega dan garam, Uleni lagi hingga kalis elastis dan gk lengket ditangan.
Bulatkan lalu diamkan selama 30 menit/hingga double size
Kempiskan adonan dan bagi menjadi @35 gr (jadi 17-19 bji) lalu rounding, diamkan lagi selama 25 menit hingga mengembang
Panaskan minyak dg api sedang, Ambil adonan lalu lubangi tengah nya baru goreng hingga matang, jgn dibolak balik ya cukup sekali agar keluar cincin cantik nya 😍😍

Tiriskan, lalu taburi dgn gula halus, Donat Kampoeng siap disajikan.


Monday, January 16, 2017

TTM|Tips Trik Memasak

TTM|Tips Trik Memasak


Resep Cake coklat kukus tanpa telur tanpa mixer by avaNawa

Posted: 14 Jan 2017 10:35 PM PST



by avaNawa

Bahan-bahan
bahan kering :
9 sdm gula pasir
200 gr tepung terigu
2 sdm coklat bubuk
3/4 baking soda
1/2 sdt garam
bahan basah :
115 minyak goreng
250 ml air panas
2 sdt cuka / air jeruk nipis
1 sdt ekstrak vanili
75 gr coklat di lelehkan (asli gak ada)

Langkah
Siapkan wadah, campurkan bahan kering aduk rata.
Siapkan wadah untuk bahan basah, campurkan semua kecuali coklat cair..
Siapkan bahan kering, tuang bahan basah sambil di aduk2 dengan garpu,,tambahkan coklat cair..aduk hingga rata..
Siapkan loyang, olesi mertega dan taburi coklat bubuk, tuangkan adonan.. Kukus selama 30-40 menit, dengan tutup yang di alasi kain..
Setelah matang, diamkan 10-15 menit biar agak dingin... Beri toping sesuai selera,,


Donat kentang by avaNawa

Posted: 14 Jan 2017 10:32 PM PST




 by avaNawa

Bahan-bahan
1/2 kg tepung terigu
4 buah kentang kupas dan kukus, lalu haluskan
9 sdm gula pasir
1 sdt soda kue
1 butir telur kocok lepas
100 ml susu cair
1 sachet fermipan
75 gr mentega cairkan
sedikit garam
sesuai selera toping


Langkah
Siapkan wadah campurkan terigu, fermipan, telur, gula pasir dan soda kue. Aduk lalu tambahkan kentang, susu cair. Aduk dan uleni terus.
Sambil di uleni masukkan mentega dan garam, jika adonan sudah terasa elastis, diamkan 1 jam di kulkas, atau juga bisa tutup dengan serbet.
Bentuk adonan, diamkan sampai mengembang.
Panaskan minyak dengan api kecil, goreng donat sampai matang kekuningan.. angkat tiriskan
Tunggu donat agak dingin, lalu beri toping sesuai selera.


Saturday, January 14, 2017

TTM|Tips Trik Memasak

TTM|Tips Trik Memasak


Resep Dadar gulung anti gagal anti bergerindil by avaNawa

Posted: 13 Jan 2017 05:40 AM PST



by avaNawa

Bahan-bahan
bahan kulit :
250 gr tepung terigu
1 butir telur kocok lepas
1 sdm margarin lelehkan
sedikit garam dan air secukupnya
bahan isian :
1 buah kelapa (tidak terlalu muda juga tidak tua)
300 gr gula merah
3 lembar daun pandan
5 sdm gula pasir
250 ml air
sedikit garam

Langkah
Kulit : siapkan wadah masukkan terigu, tuangkan air sedikit demi sedikit sambil di aduk2 hingga rata. Masukkan telur yang sudah di kocok lepas. tambahkan garam dan margarin aduk lagi hingga tercampur semua. Untuk warna, ambil 6 sdm adonan beri pewarna makanan.
Isian : Rebus gula merah yang di iris tipis2 dengan air. Tambahkan garam, gula pasir dan daun pandan masak hingga larut. Masukkan kelapa aduk hingga agak kering, angkat dan sisihkan.
Panaskan teflon anti lengket, tuang 1sdm adonan warna, tunggu sebentar, kemudian tuang 1 sendok sayur adonan kulit. Tunggu sampai kulit matang. Angkat, ulangi sampai adonan habis.
Ambil kulit yang sudah matang, beri isian kelapa lalu lipat dan di gulung.. ulangi sampai habis..
Dadar gulung siap dinikmati.


Resep Kue Sakura [jajanan tempo dulu] by Izza (Han)

Posted: 13 Jan 2017 05:31 AM PST



by Izza (Han)

Ini resep ibu Malka... heheπŸ˜†

Manisnya gak berlebihan...
Nyempluk menul-menul...

Step yang paling bikin deg-degan buat aku tu pas bikin karamel...
Waktu udah jadi karamel pun masih gak tau itu hasilnya sukses apa pait πŸ˜… *beneran bego yah*

Bahan-bahan
Bahan A (karamel) :
125 gr Gula pasir
250 ml Air
Bahan B :
50 gr Margarin
Bahan C :
75 gr Gula pasir, sudah cukup manis (resep asli 125 gr)
2 butir Telur
Bahan D :
225 gr Terigu segitiga biru
1/2 sdt Baking soda/soda kue
1/2 sdt Baking powder


Langkah
Buat karamel. Panaskan gula pasir (aku pake panci yang berbahan teflon) dengan api paling kecil. Setelah karamel terbentuk sempurna, baru tambahkan air, set api sedang. Biarkan mendidih. Matikan api, sisihkan.



Panaskan margarin hanya sampai leleh, jangan mendidih.



Campur dan aduk semua bahan D (terigu + baking soda + baking powder)



Kocok bahan C (gula pasir dan telur) dengan menggunakan mixer sampai mengembang dan kental.



Tuangkan larutan karamel sambil di mixer keceparan rendah. Jika sudah matikan mixer. Pada saat setelah di tambahkan larutan karamel, adonan menjadi sangat encer. Don't worry... emang begitu hasilnya πŸ˜†



Tuangkan campuran tepung. Aduk rata menggunakan spatula



Terakhir, tuangkan margarin cair secara bertahap sambil diaduk dari dasar ke atas.



Tuangkan ke cetakan yang sudah bersemir minyak (kl bu malka cetakannya di semir margarin dan di tabur terigu tipis) setinggi 3/4 cetakan.



Kukus selama 15 menit dengan api besar. Tutup kukusan di bungkus dengan lap bersih. Note : sebelum 15 menit jangan dibuka-buka ya tutupnya...



Kl punya bu Malka bisa jadi 23 pcs. Tapi punyaku jadi 14 pcs doang... 😒

Montok !

Lembut bangeett... cocok jadi temen minum kopi hitam..
Aku cuma punya 6 pcs cetakan sakura ini. Lagi pula aku pake dandang sebagai alat ngukus yang cuma muat 6 cetakan aja.
Adonan ngantri giliran juga gak masalah...tetep hasilnya bagus gak kempes πŸ˜†πŸ˜‰



Resep Kue Lapis Pelangi by Fenny Septian

Posted: 13 Jan 2017 05:23 AM PST



by Fenny Septian

Dari kmren pingin cemilan manis tp blm kesampean. Pingin cemilan yg sehat plus gak ribet tentunya, hhe. Baru kali pertama bikin kue lapis, ternyata bahannya gampang tp prosesnya hrs bener2 extra sabar πŸ˜‚
Alhamdulillah sebanding sama hasilnya πŸ‘ŒπŸ˜€

Bahan-bahan
12 potong
150 gr tepung beras
100 gr tepung tapioka
125 gr gula pasir
550 ml santan
1/2 sdt garam
Secukupnya perisa makanan


Langkah  (60 menit)
Masak santan dengan gula pasir hingga larut. Angkat, dinginkan suhu ruang
Dalam wadah lain masukkan tepung beras, tepung tapioka aduk. Masukkan santan plus gula sedikit demi sedikit sampai tercampur rata dan tidak bergerindil

Siapkan wadah bagi menjadi 6 bagian tambahkan perisa sesuai selera



Panaskan kukusan, olesi terlebih dahulu loyang dgn minyak plus plastik pada dasar loyang supaya tidak lengket. Jgn lupa tutup kukusan dilapisi serbet bersih
Setelah kukusan panas/mendidih masukkan loyang dan pertama tuang warna merah Kukus kurleb 5-10 menit
Selanjutnya tuang adonan warna selanjutnya Kukus lg kurleb 5-10 menit begitu seterusnya sampai adonan habis
Adonan terakhir Kukus selama 25 menit

Setelah matang, angkat dinginkan dan keluarkan adonan. Potong2 sesuai selera. Pisau dilapisi plastik supaya tidak lengket ❤❤Sajikan 🍰





Resep Bolkus Mekar by Monalika's

Posted: 13 Jan 2017 05:18 AM PST



by Monalika's

Anak mbarep minta cemilan sepulang sekolah.. Intip2 resep praktis punya ci Tintin Rayner.. Uprek2 bentar taraa jadi deh.. Lembut banget bolkusnya.. Aq bikin setengah resep yaa.. Di bawah ini resep yang udah sedikit aq ganti bahannya..

Bahan-bahan
12-13 porsi
250 gr terigu
250 gr gula pasir
1 butir telur
1 sdt sp
1/4 sdt vanili
1/4 sdt garam
75 ml susu cair
Pasta pandan
Pasta coklat

Langkah
Panaskan kukusan sampai uapnya banyak.
Masukan semua bahan dalam 1 wadah.
Mixer sampai benar-benar kaku.
Bagi 2 adonan.
Adonan pertama beri pasta pandan adonan kedua beri pasta coklat.
Siapkan cup dan cetakan.
Lalu masukan adonan secara selang/i.
Kukus selama 10 menit dengan api besar.
Angkat dan sajikan..
Taraaa.. Lembuuut bannget bolkusnya..
Walau dingin tetep empuk..

Aroma pandannya.. Hhhmmm..


Friday, January 13, 2017

TTM|Tips Trik Memasak

TTM|Tips Trik Memasak

TTM|Tips Trik Memasak


Resep Siomay Bandung Komplit by Anderia Fera

Posted: 12 Jan 2017 04:26 AM PST



by Anderia Fera

Bahan-bahan
250 g tengiri
50 g ayam
100 g tapioka
150 g labu siam (kukus)
2 butir bawang putih
1,5 sdt garam
2 sdt gula
2 putih telur
Secukupnya penyedap (optional)
Secukupnya kulit pangsit

Pelengkap
Telur, kentang, kubis, tahu (rebus)
Saus kacang:
200 g kacang goreng
3 butir bawang putih (goreng)
8 buah cabe merah (buqng isinya, goreng)
3 sdm gula
2 sdt garam
1 sdm air asam (1/2sdm asam+2sdm air)
650 ml air hangat


Langkah

Campur smua bahan kecuali tapioka blender dengan food processor sampai halus



Tambah kan tepung tapioka aduk rata (koreksi rasa)



Masukkan dalam kulit pangsit dan lipat (olesi penguskus dengan minyak goreng agar tidak lengket). Kukus sampai matang




Bumbu kacang: haluskan semua bahan, campur air dan air asam, masak samapai mengental




Ayam Cake Marmer Jadul by Xanderskitchen

Posted: 12 Jan 2017 04:16 AM PST



by Xanderskitchen

Sering banget bikin cake buat teman minum teh sore2 😊 marmer jadul selalu jd pilihan. Marmer jadul yg ini sy pakai resep nya Pak Sahak. Enak lho...selamat mencoba
Tips kalo takut cake bantet krn metode all in one silahkan pakai metode sponge cake. Kocok telur, gula, emulsifier sampai mengembang, masukkan terigu, susu bubuk, maizena yg diayak aduk lipat kemudian masukkan mentega dan minyak

Bahan-bahan
5 bh telur
125 gr gula pasir
1 sdt emulsifier
150 gr tepung terigu
15 gr susu bubuk
15 gr maizena
100 gr mentega dilelehkan
50 gr minyak sayur
1 sdt pasta coklat


Langkah
- Panaskan oven 180'C. Siapkan loyang tulban 20 cm, oles margarin dan taburi tepung. Sisihkan.
- Campur dan ayak tepung terigu, maizena dan susu bubuk.
- Kocok telur, gula pasir, emulsifier, vanilla dan campuran tepung hingga mengembang dan kental (all in one method).
- Campurkan margarin / butter leleh dengan minyak sayur, kemudian tuang sedikit demi sedikit ke dalam adonan. Aduk balik hingga tercampur rata dan homogen.
- Ambil 2 sendok sayur adonan, beri pasta coklat. Aduk rata.
- Tuang adonan putih ke dalam loyang, kemudian tuang adonan coklat di atasnya.
- Buat motif marmer dengan bantuan, garpu atau tusuk sate.
- Oven hingga matang selama kurang lebih 30-45 menit (tergantung masing-masing oven ya). Lakukan tes tusuk dan tes sentuh.
- Angkat dan segera keluarkan dari loyang agar cake tidak menciut.


Ayam Taliwang by Xanderskitchen

Posted: 12 Jan 2017 04:14 AM PST



by Xanderskitchen

Cobain masak ayam taliwang yuuk. Rasanya pedees gurih bumbu nya meresap sempurna ditambah aroma bakaran πŸ˜‹πŸ‘ mau enak pakai ayam kampung ya...trus bakar nya jg pakai arang. Beda deh dg bakar di kompor. O ya ini sy tambahin kecap manis. Buat sy rasa bumbu2nya justru keluar pas diksh kecap manis. Banyak cabe sesuai selera aja ...makasih buat teman2 yg sudah rekuk resep2 sy, mohon maaf sy ga bisa balas komen dan pertanyaan nya krn udh ga ada space buat menjawab lg. Emang dr cookpad nya begitu 😊 yg jelas sy lihat foto2 nya, baca semua komen2 nya dan klik ❤

Bahan-bahan
1 ekor ayam kampung, potong jd 4
2 sdm kecap manis (optional)
1 sdm gula merah disisir
secukupnya garam, gula dan air

Bumbu yg dihaluskan :
15 btr bawang merah
7 siung bawang putih
15 bh cabe keriting merah
15 bh cabe rawit
2 ruas kencur
1 sdt rebon / terasi

Langkah

Tumis bumbu halus sampai harum dan matang



Masukkan ayam. Aduk sampai berubah warna



Tambahkan air, gula merah, garam, gula dan air. Ungkep ayam



Masak sampai ayam empuk dan bumbu mengental. Tambahkan kecap manis. Cicipi
Bakar ayam diatas arang sambil sesekali diolesi sisa bumbu. Lupa foto tadi πŸ˜‚



Ayam taliwang yg sudah dibakar. Enak banget nie makan sama plecing kangkung πŸ‘





Resep Sambal Rebon by Xanderskitchen

Posted: 12 Jan 2017 04:11 AM PST